Pilkada Sumut 2024: Pertempuran Sengit di 33 Daerah, Koalisi Besar vs Parpol Pendukung

Medan, NVN — Pendaftaran pasangan calon kepala daerah di Sumatera Utara (Sumut) untuk Pilkada 2024 telah resmi ditutup. Sebanyak 33 daerah, termasuk Provinsi Sumut, akan menggelar pesta demokrasi ini.

Provinsi Sumatera Utara

Di tingkat Provinsi Sumut, persaingan sengit terjadi antara dua pasangan calon. Bobby Nasution – Surya diusung oleh koalisi besar yang terdiri dari 10 partai, yaitu Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, PKS, PAN, Demokrat, PPP, Perindo, dan PSI. Di sisi lain, Edy Rahmayadi – Hasan Basri Sagala mendapat dukungan dari PDIP, Hanura, Partai Ummat, Partai Buruh, Gelora, dan PKN.

Kota Medan

Di Kota Medan, tiga pasang calon akan bertarung, yaitu Rico Waas – Zakiyuddin (Gerindra, Nasdem, PKB, PAN, Perindo, Golkar, Demokrat, dan PSI), Ridha Dharmajaya – Abdul Rani (PDIP, PPP, Hanura, Gelora, Ummat, PBB, Partai Buruh, dan PKN), dan Hidayatullah – Yasir Ridho (PKS).

Kabupaten Asahan

Di Kabupaten Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar – Rianto (Golkar, PAN, PDIP, Gelora, PKB, Demokrat, Hanura, PKS, PPP, Partai Buruh, Gerindra, dan NasDem) akan melawan kotak kosong.

Kabupaten Batu Bara

Di Kabupaten Batu Bara, Zahir – Aslam Rayudah (PDIP, Hanura, dan Partai Ummat), Darwis – Oky Iqbal Frima (Demokrat dan Nasdem), dan Baharuddin Siagian – Syafrizal (Gerindra, PAN, PKB, PPP, PKS, PBB, Perindo, Partai Buruh) akan bersaing ketat.

Kabupaten Dairi

Di Kabupaten Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu – Depriwanto Sitohang (PDIP), Danjor Nababan – Azhar Bintang (Gerindra dan NasDem), Jogi David Sasta Maju Tambunan – Dedy Manihar Matondang (Demokrat, PSI, dan Hanura), Vickner Sinaga – Wahyu Daniel Sagala (Golkar, Perindo, dan PKS, Gelora), dan Rinso Maruli Sinaga – Barita Sihite (perseorangan/independen) akan memperebutkan kursi bupati.

Kabupaten Deli Serdang

Di Kabupaten Deli Serdang, Asri Ludin Tambunan – Lom Lom Suwondo (Gerindra, PDIP, Golkar, Hanura), M Ali Yusuf Siregar – Bayu Sumantri Agung (Nasdem, PAN, PPP, dan Perindo), dan Sofyan Nasution – Junaidi Parapat (PKS, Demokrat, dan PBB) akan bertarung.

Kabupaten Humbang Hasundutan

Di Kabupaten Humbang Hasundutan, Irwan Simamora – Sadar Sinaga (Hanur, PAN, dan Demokrat), Oloan Paniaran Nababan – Yunita Rebekka Marbun (PDIP dan Perindo), Hendri Tumbur Simamora – Yanto Sihotang (Gerindra, Nasdem), dan Birma Sinaga – Erwin Sihite (Golkar, PSI, PKB) akan bersaing ketat.

Kabupaten Karo

Di Kabupaten Karo, Tino Mimana Sinuraya – Onasis Sitepu (Golkar, PKS, Demokrat, dan Gelora), Brigjen Pol (Purn) Antonius Ginting – Komando Tarigan (PAN, Gerindra, Hanura, Perindo, NasDem, PKB, dan PSI), dan Abetnego Tarigan – Edy Suranta Bukit (PDIP dan Partai Buruh) akan bertarung.

Kabupaten Labuhanbatu

Di Kabupaten Labuhanbatu, Maya Hasmita – Jamri (Demokrat, Nasdem, Hanura, PKS, Partai Buruh, Gelora, PSI, Ummat), Hendri Syahputra Daulay – Ellya Rosa Siregar (Gerindra, PDIP, PAN, dan Perindo), dan Faisal Amri Siregar – Raja Fanny Fatahillah (Golkar, PKB, PPP, dan PBB) akan bersaing ketat.

Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, M Ghandi – Naga Parlaungan (Hanura dan PAN), Ari Wibowo – Azwar Sazali Tanjung (Gerindra, PKB, PKS, Demokrat, PSI, Gelora, dan Garuda), dan Fery Sahputra Simatupang – Syahdian Purba Siboro (Nasdem, Golkar, PPP, PDIP, dan Perindo) akan bersaing ketat.

Kabupaten Labuhanbatu Utara

Di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Hendriyanto Sitorus – Samsul Tanjung (Golkar, PDIP, Hanura, PAN, PKB, PPP, PBB, Nasdem, Demokrat, PKS, Gerindra, dan PSI) akan melawan kotak kosong.

Kabupaten Langkat

Di Kabupaten Langkat, Syah Afandin – Tiorita Br Surbakti (Golkar, NasDem, PDIP, PAN, Gerindra, PKS, PBB, Demokrat, Gelora, PSI, dan Perindo) akan melawan Iskandar Sugito – Adli Tama Hidayat Sembiring (PKB dan PPP).

Kabupaten Mandailing Natal

Di Kabupaten Mandailing Natal, Saipullah Nasution – Atika Azmi Utammi Nasution (PKS, PKB, Demokrat, Nasdem, PPP, dan Perindo) akan melawan Harun Mustafa Nasution – Muhammad Ichwan (Gerindra dan Golkar).

Kabupaten Nias

Di Kabupaten Nias, Alinuru Laoli – Faozanolo Zai (Demokrat, Nasdem, PAN, dan PSI) akan melawan Yaatulo Gulo – Arota Lase (PDIP, Golkar, Gerindra, Perindo, Hanura, PKB, dan PKS).

Kabupaten Nias Barat

Di Kabupaten Nias Barat, Eliyunus Waruwu – Sozisokhi Hia (PDIP, Demokrat, PKB, Perindo, dan Partai Buruh) akan melawan Khenoki Waruwu – Sabahati Gulo (Nasdem, Hanura, Gerindra, dan Golkar).

Kabupaten Nias Selatan

Di Kabupaten Nias Selatan, Firman Giawa – Robert Dachi (Nasdem dan Gerindra), Sokhiatulo Laia – Yusuf Nakhe (PDIP, Hanura, PKB, Buruh, dan PSI), Fajarius Laia – Sifaoita Bu’ulolo (PAN dan Demokrat), dan Idealisman Dachi – Foluaha Bidaya (Golkar dan Gelora) akan bersaing ketat.

Kabupaten Nias Utara

Di Kabupaten Nias Utara, Amizaro Waruwu-Yusman Zega (Keduanya merupakan pasangan petahana) akan melawan kotak kosong.

Kabupaten Padang Lawas

Di Kabupaten Padang Lawas, Putra Mahkota Alam Hasibuan – Achmad Fauzan Nasution (Demokrat, PAN, PKS, NasDem, Hanura, PPP, dan PKB) akan melawan Ahmad Zarnawi Pasaribu – Muhammad Ifdal Hasayangan Harahap (Gerindra, Partai Buruh, Partai Ummat).

Kabupaten Padang Lawas Utara

Di Kabupaten Padang Lawas Utara, Hamsirudin Siregar – Purba Hasibuan (PAN, PBB, Gerindra, NasDem, Hanura, PKS), Hariro Harahap – Muhammad Yusuf Pasaribu (PDIP, PKB, Perindo, PPP), dan Reski Basyah Harahap – Basri Harahap (Golkar, Demokrat) akan bersaing ketat.

Kabupaten Pakpak Bharat

Di Kabupaten Pakpak Bharat, Franc Bernhar Tumanggor – Mutsuhito Solin (Fran dan Mutsuhito merupakan pasangan petahana) akan melawan kotak kosong.

Kabupaten Samosir

Di Kabupaten Samosir, Vandiko Gultom – Ariston Sidauruk (Nasdem, PKB, Golkar, Gerindra, Perindo, dan PSI) akan melawan Freddy Paulus Situmorang – Andreas Simbolon (PDIP dan Demokrat).

Kabupaten Serdang Bedagai

Di Kabupaten Serdang Bedagai, Dharma Wijaya – Adlin Tambunan (PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Gelora, PKS, Hanura, PAN, Demokrat, PSI, PPP, dan Partai Buruh) akan melawan kotak kosong.

Kabupaten Simalungun

Di Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga – Azi Pratama Pangaribuan (Golkar, Demokrat, PDIP, Perindo, PKS, dan Gelora) akan melawan Anton Achmad Saragih – Benny Gusman Sinaga (Gerindra, NasDem, PPP, dan Hanura).

Kabupaten Tapanuli Selatan

Di Kabupaten Tapanuli Selatan, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu – Ahmad Buchori (perseorangan/independen) akan melawan Gus Irawan Pasaribu – Jafar Syahbuddin Ritonga (Golkar, Gerindra, PDIP, PAN, Nasdem, PPP, Hanura, PKN, PKB, Demokrat, PKS, dan PSI).

Kabupaten Tapanuli Tengah

Di Kabupaten Tapanuli Tengah, Khairul Kiyedi Pasaribu – Darwin Sitompul (NasDem, PDIP, Golkar, PAN, Gerindra, PKB, PKS, PBB, Perindo, Gelora, dan PPP) akan melawan kotak kosong.

Kabupaten Tapanuli Utara

Di Kabupaten Tapanuli Utara, Jonius Taripar Parsaoran (JTP) Hutabarat – Denny Lumbantoruan (Perindo, Golkar, Hanura, Demokrat, Gerindra, PSI, dan Nasdem) akan melawan Satika Simamora – Sarlandi Hutabarat (PDIP dan PKB).

Kabupaten Toba

Di Kabupaten Toba, Poltak Sitorus – Anugerah Puriam Naiborhu (PDIP, Golkar, Perindo, Demokrat, dan Gerindra), Robinson Sitorus – Tonny M Simanjuntak (PKB, PSI, Partai Buruh dan PKN), dan Effendi SP Napitupulu – Audi Murphy Sitorus (Nasdem) akan bersaing ketat.

Kota Binjai

Di Kota Binjai, Amir Hamzah – Hasanul Jihadi (Demokrat, PPP, dan PSI), dr Donal Anjar Simanjuntak – Andri Alfisah (Gerindra, NasDem, PKB, PAN, Gelora), Zainudin Purba – Hendro Susanto (Golkar dan PKS), dan Tengku Rizki Alisyahbana – Aulia Hardi (PDIP dan Partai Ummat) akan bertarung.

Kota Gunungsitoli

Di Kota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli – Martinus Lase (PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, Hanura, Perindo, PKN, PKS) akan melawan Karya Septianus Bate’e – Yunius Larosa (PAN, Nasdem, Partai Buruh, PSI).

Kabupaten Padangsidimpuan

Di Kabupaten Padangsidimpuan, Hapendi Harahap dan Gempar Nauli Hamonangan Nasution (PDIP, Nasdem, PAN, Demokrat, Perindo, dan Hanura) akan melawan Letnan Dalimunthe – Harry Pahlevi Harahap (Gerindra, PKB, PKS, dan PBB).

Kota Pematang Siantar

Di Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani – Ronald Darwin Tampubolon (PAN, PKS, dan Hanura), Mangatas Silalahi – Ade Sandrawati Purba (Golkar, Perindo, Partai Buruh, dan PSI), Yan Santoso Purba – Irwan (PDIP), dan Wesly Silalahi – Herlina (Gerindra, Demokrat, Nasdem, dan Gelora) akan bersaing ketat.

Kota Sibolga

Di Kota Sibolga, Ahmad Syukri Nazry Penarik – Pantas Maruba Lumban Tobing (Nasdem, Demokrat, PKS, PBB), Mhd Fadhil Hutagalung – Marojahan Panjaitan (Gerindra, PSI, Buruh, Hanura, PKB, Garuda, dan PKN), Memori Evaulina Panggabean – Sulhan Sitompul (PDIP), dan Robinsar Sinaga – Muklish Syuhada (Golkar) akan bertarung.

Kota Tanjungbalai

Di Kota Tanjungbalai, Waris Thalib – Rolel Harahap (PKS, PAN, Demokrat, Perindo, PBB, PKN, dan Partai Buruh), Eka Hadi Sucipto – Darwin (PDIP, Nasdem, dan PPP), dan Mahyaruddin Salim – Fadly Abdina (Golkar, Gerindra, Hanura, PKB, Ummat, PSI, Glora, dan Garuda) akan bersaing ketat.

Kota Tebing Tinggi

Di Kota Tebing Tinggi, Iman Irdian Saragih – Chairil Mukmin Tambunan (PDIP, Demokrat, Perindo, PKB, Gelora), Basyaruddin Nasution – Erlin Afriyanti (Gerindra, PKS, PAN, Hanura, dan Golkar), dan Oky Doni Siregar – Riski Rhamadan Hasibuan (Nasdem dan PPP) akan bersaing ketat.

Kriteria Pemimpin Ideal

Masyarakat Sumut berharap pemimpin yang terpilih memiliki integritas, kapabilitas, otoritas, dan sifat rendah hati. Keempat kriteria ini dianggap penting untuk mewujudkan kepemimpinan yang bertanggung jawab dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

Pilkada 2024 diharapkan dapat berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis. Masyarakat Sumut berharap dapat memilih pemimpin yang tepat untuk membawa daerah mereka menuju kemajuan. (msn/nvn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *